Lumen adalah satuan fluks bercahaya dan menunjukkan jumlah total cahaya yang dipancarkan oleh sumber cahaya. Watt menunjukkan jumlah konsumsi energi lampu. Karena lampu menjadi lebih dan lebih hemat energi, mereka menjadi semakin rendah. Misalnya, untuk mengganti lampu pijar dengan LED, jumlah lumens harus dibandingkan.

Watts dan lumens – keduanya menggambarkan bola lampu, tetapi apakah Anda tahu apa artinya sebenarnya? Tahukah Anda bahwa watt tidak lagi cara yang dapat diandalkan untuk mengetahui seberapa terang bohlam? Tahukah Anda apa yang menjadikan lumens pengganti yang berharga? Mari kita bicara tentang dua spesifikasi cahaya paling terkenal, dan bagaimana mereka memengaruhi pencarian Anda untuk bola lampu terbaik di pasar.

Karakteristik Watt dan Lumens

Watt
Watt adalah pengukuran energi, khususnya energi yang dibutuhkan untuk memberi daya pada perangkat elektronik seperti bola lampu. Watts semua tentang kekuatan nyata, yang berarti mereka mengukur tingkat konsumsi energi. Satu watt sama dengan satu joule per detik (Anda bisa turun ke lubang kelinci fisika jika Anda mau). Jadi, bola 100 watt yang Anda nyalakan selama 10 jam menggunakan sekitar 100 watt terus-menerus, atau 1.000 “watt jam.” Ini juga dikenal sebagai kilowatt, yang merupakan ukuran umum untuk pengeluaran energi di rumah Anda.
Yang menarik, watt tidak mengukur kecerahan, juga tidak ada watt yang mengatakan apa pun tentang kecerahan sama sekali. Namun, untuk waktu yang lama, lampu dimmer membutuhkan jumlah watt yang lebih rendah daripada lampu yang lebih terang, jadi kami terbiasa menggunakan watt sebagai semacam cara pintas untuk menggambarkan kecerahan. Ini dengan cepat berubah di pasar saat ini.
Lumens
Lumens adalah ukuran kecerahan. Mereka memberi tahu Anda intensitas cahaya tampak yang dihasilkan oleh bohlam atau perangkat pencahayaan lainnya. Lumens juga memperhitungkan bagaimana cahaya diproyeksikan. Bola lampu dengan tudung yang hanya menyinari cahaya dalam satu arah secara teknis akan menghasilkan lumen yang jauh lebih sedikit daripada bola lampu yang sama yang menyinari setiap arah sekaligus. Dalam ilmu-berbicara, fluks bercahaya yang dihasilkan oleh satu candela melintasi sudut padat satu steradian sama dengan satu lumen. Ada banyak cara lain untuk mengukur kecerahan – lux, nits, dll – tetapi lumens sangat berguna untuk mengukur cahaya pada produk umum seperti bola lampu.
Selain teknologi, lumens memiliki hubungan dekat-linier dengan watt. Dengan kata lain, sejumlah watt tertentu akan menghasilkan sejumlah lumens dalam kecerahan untuk bohlam tertentu. Namun, bohlam dan dioda tidak tetap sama selamanya: Beberapa – terutama bohlam paling terang – akan berkurang lumen seiring waktu saat aus, tidak peduli berapa banyak watt energi yang mereka gunakan. Keausan ini mempengaruhi bola lampu proyektor khususnya, dan kami akan berbicara sedikit tentang hal itu di bawah ini.

BAGAIMANA INI MEMBANTU ANDA?

Bola lampu

Lumens dengan cepat menjadi ukuran yang lebih berguna untuk produk seperti bola lampu. Kenapa ini? Karena pasar sekarang lebih bervariasi, dan produk telah tumbuh jauh lebih efisien. Di masa lalu, Anda memiliki kategori tertentu dari bola lampu pijar yang diukur dalam watt, dan watt tersebut juga dapat digunakan untuk mengetahui kecerahan. Bola 60 watt akan selalu menghasilkan jumlah cahaya tertentu, bola 100 watt akan lebih terang, dan seterusnya dan seterusnya. Hari ini, tidak lagi demikian. LED, fluoresen, dan lampu pijar yang lebih efisien semuanya memiliki tingkat watt yang berbeda-beda, dan watt itu tidak lagi terikat dengan kecerahan. Manakah yang lebih terang hari ini, lampu fluorescent 40 watt atau lampu pijar 60 watt? Tidak ada cara yang dapat diandalkan untuk mengatakan.
Akibatnya, produsen kini lebih fokus pada lumen sebagai cara untuk memberi tahu pelanggan seberapa terang bohlam. FTC, khususnya, telah bekerja untuk membuat label baru dengan tajuk “Brightness” yang menyediakan lumen bagi pelanggan. Cari label-label ini, dan cobalah untuk menilai bohlam dengan lumens daripada watt. Jika Anda ingin mencocokkan kecerahan bohlam baru dengan bohlam lama, Energy Star memiliki bagan referensi cepat yang secara kasar menyamai angka watt lama dengan lumens.

Proyektor

Lampu proyektor telah lama disebut dalam hal lumens, karena kecerahan sangat penting dalam hal kualitas gambar proyektor. Terlalu sedikit lumens pada jarak yang terlalu jauh, dan gambar tidak akan terlihat nyata. Sebuah proyektor saku mungil hanya dapat menghasilkan beberapa ratus lumen, sementara versi profesional yang besar dapat menghasilkan lebih dari 4.000. Jika Anda mencari proyektor yang berkualitas, sweet spot saat ini berada di antara 2.000 dan 3.000 lumen, meskipun beberapa model lebih tinggi.
Jika Anda berbelanja bola lampu proyektor, Anda juga ingin memperhatikan umur lampu, yang diukur dalam hitungan jam. Ini bukan jumlah jam bohlam yang diperkirakan akan bertahan. Anda tahu, bola lampu yang sangat kuat tidak dapat terus menghasilkan jumlah lumen yang sama selamanya, tidak peduli seberapa efisiennya. Akhirnya komponen fisik mereka mulai menurun dan kecerahan mulai memudar, sehingga lumen turun seiring waktu. Jam yang disediakan dalam spesifikasi lampu lebih merupakan waktu paruh, pada dasarnya pabrikan mengatakan, “Ini adalah berapa lama lampu akan bertahan sebelum Anda benar-benar tahu bahwa itu tidak seterang lagi.” Sebagian besar bola lampu proyektor cenderung bertahan beberapa bertahun-tahun sebelum mereka mencapai titik ini, tetapi tergantung seberapa sering Anda menggunakannya.

Layar

Pertama, menampilkan lampu output dalam berbagai cara, yang tergantung pada jenis layar yang Anda gunakan (LCD, LED, OLED, dll.). Kedua, mereka menghasilkan cahaya melintasi area permukaan, bukan dari sumber tunggal. Ketiga, Anda biasanya dapat menyesuaikan kecerahan ke tempat yang Anda inginkan, jadi tidak sepenting spec. Kecerahan layar biasanya diukur dalam nits atau cs / m2 (candela per meter persegi).
Saat berbelanja layar, Anda tentu bisa mencari pengukuran pencahayaan, tetapi pada akhirnya mata Anda adalah tes terbaik. Jika Anda suka tampilan layarnya, Anda dapat mengkalibrasi ke kecerahan tertentu saat Anda membawanya pulang.

Faktor Lain

Faktor-faktor lain, termasuk warna terang dan “suhu
Ada spesifikasi cahaya lain yang penting untuk dipertimbangkan saat membeli bola lampu atau produk serupa – suhu cahaya, yang diukur dalam Kelvin. Meskipun ini secara tradisional merupakan pengukuran panas, suhu itu juga agak terkait dengan penampilan atau bayangan cahaya yang dilihat mata kita, sehingga digunakan sebagai panduan kasar untuk warna.
Suhu bola terendah membuat cahaya tampak kemerahan (bayangkan lilin), sedangkan suhu yang lebih tinggi cenderung membuat cahaya tampak putih atau kebiru-biruan (pikirkan sinar matahari pada siang hari). Dengan kata lain, bola lampu dengan peringkat Kelvin yang lebih tinggi cenderung menghasilkan cahaya yang lebih jernih dan tampak alami. hingga titik tertentu. Terlalu tinggi dalam skala, dan cahaya mulai terlihat agak norak atau tidak alami, yang merupakan masalah yang dimiliki oleh beberapa lampu neon. Lihatlah peringkat Kelvin untuk lebih memahami bagaimana cahaya akan muncul di mata manusia.
Untuk menentukan jenis lampu yang Anda butuhkan, penting juga untuk melihat suhu warna. Temperatur warna menunjukkan warna cahaya yang berasal dari lampu dan ditunjukkan dalam Kelvin. Semakin rendah jumlah derajat di Kelvin, semakin hangat warna terang. Temperatur warna yang paling umum (Kelvin) adalah:
2700K = Cahaya putih yang sangat hangat. Memberikan suasana santai dan akrab (lingkungan rumah)
3000K = Cahaya putih hangat. Tidak terlalu panas dan intens. Menyenangkan bagi mata (lingkungan kantor)
4000K = Cahaya putih dingin. Cahaya putih yang tajam. Ideal untuk lingkungan kerja (gudang dll.)
6500K = Siang hari. Mirip dengan siang hari. Berlaku di area di mana segala sesuatu harus terlihat jelas (ruang perusahaan, pabrik)

Nah informasi di atas mungkin sedikit mambantu anda yang kebingungan untuk membeli proyektor. Semoga ini lebih bermanfaat buat anda dan manambah wawasan agar dapat menemukan sesuai yang anda cari. Jangan salah memilih sebelum menenetukan pilihan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Halo Alqov Multimedia, saya mau sewa lcd proyektor untuk hari dan jam