Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap perusahaan, kantor, dan lembaga, pasti memiliki konsep ruang meeting yang berbeda. Bentuk ruang meeting yang berbeda ini tentu saja disesuaikan dengan luas ruangan dan aspek lainnya. Untuk itu, kita perlu mengetahui apa saja jenis pengaturan ruang meeting yang cocok untuk kantor kita.

Class Room

Ruang meeting Class Room
Konsep Class Room

Sesuai dengan namanya, bentuk dari seating ini adalah seperti suasana di dalam kelas, yakni posisi duduk berjajar kebelakang dengan satu fokus utama menghadap pembicara. Biasanya jenis penataan ruangan ini dikhususkan untuk meeting atau workshop dengan jumlah peserta yang lumayan banyak.

Kelemahan dari model ini adalah kurangnya efektifitas, karena tidak dapat meng-cover setiap audiens yang hadir sampai ke belakang. Biasanya audiens yang duduk di paling belakang tidak bisa fokus dengan pembicara terlebih lagi mudah terhalang pandangan dengan audiens yang duduk didepannya.

U-Shape

Konsep U-Shape merupakan konsep yang paling banyak digunakan oleh beberapa perusahaan di Indonesia, dimana dapat memudahkan para partisipan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan sesama bahkan dengan pembicara. Bentuknya yang menyerupai huruf “U” , menjadikan alasan mengapa bentuk pengaturan ini disebut U-Shape.

Sayangnya, ruangan dengan jenis pengaturan ini tidak bisa digunakan dengan jumlah partisipan yang terlalu banyak (max 20 orang), dan tidak semua ruangan dapat didesain dengan bentuk ini (U-Shape memerlukan space yang besar).

Teater

Ruang Meeting Konsep Teater
Konsep Teater

Jenis penataan ruang bentuk ini kurang lebih hampir sama dengan bentuk class room, dimana berjajar kursi ke belakang dengan satu fokus utama menghadap depan. Bedanya, penataan bentuk teater ini memiliki jarak atau space di tengah untuk memisahkan peserta yang duduk di sisi kiri dan sisi kanan. Jarak inilah yang digunakan partisipan untuk berjalan dan memudahkan peserta yang duduk di belakang untuk tetap bisa mengikuti materi dari pembicara dengan baik.

Banquet

Konsep Ruang Meeting Banquet
Konsep Banquet

Bentuk dari penataan ruang meeting ini terbilang paling berbeda dari bentuk lainnya. Selain digunakan untuk meeting, seating bentuk ini juga dapat digunakan untuk lunch sekaligus. Gaya dari jenis penataan ini termasuk gaya dengan konsep mewah dan eksklusif. Tak heran jika konsep ini dirancang untuk pertemuan-pertemuan besar dengan orang-orang yang bisa dibilang “bukan orang sembarangan”.

Dalam satu ruangan terdapat meja-meja lengkap dengan table manner yang berjajar rapi diatasnya. Biasanya, meeting yang dilakukan dengan konsep penataan gaya ini dilanjutkan dengan acara general yang melibatkan seluruh partisipan, mulai dari makan siang bahkan makan malam.

**** ALQOV ****

Setelah mengetahui jenis-jenis penataan ruang meeting yang sering digunakan perusahaan, kita akan lebih mengetahui konsep seperti apa yang cocok diterapkan di kantor kita. Konsep seating mampu mempengaruhi keberhasilan meeting yang dilakukan.

Konsep yang bagus dan sesuai, akan menghasilkan meeting yang mengagumkan dan presentasi yang tidak membosankan. Tentunya, konsep ini harus disesuaikan dengan jumlah partisipan maupun luas ruangannya.

Semoga artikel ini mampu memberikan informasi tambahan untuk kita semua. CIAO



0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Halo Alqov Multimedia, saya mau sewa lcd proyektor untuk hari dan jam