Taukah Sahabat cara merawat LCD proyektor dengan benar? Sebagai pemilik proyektor, melakukan perawatan secara berkala sangat diperlukan, lebih-lebih Sahabat sering menggunakan benda ini. Proyektor merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan data di dalam komputer ke layar dinding. Proyektor bisa menampilkan obyek yang lebih besar dengan mudah dan memiliki stabilitas tinggi.

Cara kerja yang dimiliki alat ini yaitu membiaskan cahaya. Cahaya tersebut bisa dihasilkan dari 3 panel LCD yang dipisahkan berdasarkan warna dasar. Panel-panel LCD yang berada di dalam proyektor akan menghasilkan cahaya. Panel tersusun atas 3 panel terpisah berdasarkan warna dasar. Dari ketiga panel inilah akan memancarkan cahaya proyektor.

Kelebihan Menggunakan Proyektor

Menggunakan proyektor untuk presentasi memiliki berbagai macam keuntungan seperti mudah dioperasikan. Walaupun proyektor jenis LCD tergolong baru, tetapi penggunaannya begitu mudah dan pemakaiannya juga tak rumit. Proyektor ini mempunyai cara kerja sederhana yakni bisa secara langsung menampilkan layar komputer ke latar, tak heran bila alat ini sering digunakan presentasi.

Kedua, materi akan tersampaikan dengan jelas. Menggunakan proyektor akan membuat materi bisa disampaikan dengan mudah ke audiens. Lebih-lebih jika materi presentasi memerlukan ilustrasi seperti video atau gambar. Penggunaan proyektor ini akan memudahkan presentasi yang Sahabat lakukan. Namun meskipun sering digunakan, jangan melupakan cara merawat LCD proyektor dengan benar. 

Ketiga, proses interaksi menjadi lebih mudah. Proyektor sangat mendukung proses interaksi selama presentasi, mulai dari memaparkan hasil hingga diskusi atau tanya jawab. Hal tersebut sangat menguntungkan ketika melakukan presentasi yang tujuannya agar terjadi diskusi secara dua arah, bahkan perhatian audiens pun bisa di dapatkan dengan mudah saat presentasi menggunakan proyektor.

Cara Merawat LCD Proyektor

Perawatan LCD proyektor sebenarnya dapat dikatakan tidak terlalu gampang, namun juga tidak terlalu susah. Hal ini disebabkan karena bagian ini menjadi part yang sering dilewatkan. Padahal, perawatan yang tidak tepat akan mempengaruhi kinerja dan umur dari perangkat ini. Tips perawatan LCD proyektor yang pertama adalah simpan pada tempatnya.

Cara merawat LCD proyektor kedua, hindari menggunakan proyektor berdekatan dengan sumber panas serta terkena sinar matahari langsung. Selain itu hindari menyimpan proyektor di dalam kendaraan. Hal tersebut disebabkan karena panas kendaraan akan merusak perangkat ini. Untuk bagian kabel power, sebelum menyambungkannya ke saklar listrik, pastikan jika kabel VGA telah tersambung.

Ketika akan menghidupkan atau mematikan proyektor, usahakan menggunakan remote control. Biasanya, karena tidak ingin ribet ketika mematikan, pengguna mematikan proyektor dengan cara memencet langsung tombol power atau bahkan mencabut langsung kabel. Saat mencabut proyektor, tunggu hingga lampu indikator berwarna hijau, dan kipas angin mati. 

Cara merawat LCD proyektor yang berikutnya adalah ketika LCD beroperasi, sebisa mungkin hindari mengangkat atau memindahkan proyektor. Hal ini disebabkan karena bola lampu begitu sensitif, sehingga sedikit getaran saja dapat mengakibatkan lampu pada LCD putus. Namun, arus listrik terputus, Sahabat bisa langsung mencabut kabel power, karena listrik yang tak stabil dapat merusak motherboard.

cara merawat LCD proyektor terakhir, bersihkan filter proyektor berkala. Sahabat bisa melakukan perawatan pembersihan proyektor dua sampai tiga minggu sekali. Lebih-lebih jika proyektor ini sering digunakan di tempat yang terbuka dan banyak debu. Meskipun proyektor yang Sahabat gunakan memiliki sejumlah teknologi mumpuni, namun untuk memperkecil kerusakan, lebih baik lakukan perawatan berkala.

cara merawat LCD proyektor
Kotoran Debu pada Filter Proyektor

Bila ingin proyektor yang Sahabat miliki bisa digunakan dalam waktu lama, paling tidak 4 atau 5 tahun, lakukan tips di atas secara berkala. Entah apapun merek yang Sahabat gunakan, jika perawatan tidak dilakukan, proyektor tidak akan berjalan lama. Semoga cara merawat LCD proyektor di atas dapat membantu Sahabat.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Halo Alqov Multimedia, saya mau sewa lcd proyektor untuk hari dan jam