Speaker merupakan perangkat keras output yang dapat menghasilkan suara atau audio dari pemrosesan gelombang listrik menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri.
Speaker sendiri memilki ukuran yang beragam, ada yang ukurannya kecil, sedang hingga speaker yang memilki ukuran yang besar. Kekuatan yang dimiliki speaker untuk mengeluarkan suarapun tentunya juga berbeda – beda, tergantung besarnya tegangan yang digunakan. Kelebihan dan kekurangan speaker dapat anda simak dalam ulasan berikut ini.

Apa sih speaker pasif itu? Speaker pasif merupakan speaker yang tidak memiliki penguat suara di dalamnya. Perlu amplifier tambahan agar dapat digunakan di dalam rangkaian sound system. Sinyal yang ada harus diperkuat supaya dapat menggerakkan speaker pasif. Biasanya speaker pasif ditemukan pada tata suara yang besar atau kompleks. Salah satu contoh dalam penggunaan speaker pasif ialah home theater. Dari sebuah amplifier akan di distribusikan sinyal yang sudah
dikuatkan oleh power amplifier pada beberapa box speaker sesuai dengan kebutuhan range atau sinyal produksinya seperti side fill, surround dan center.

Setiap benda yang diciptakan oleh manusia tentunya tak luput dari kelebihan dan kekurangan masing masing. Berlaku juga untuk alat elektronik satu ini, speaker pasif didalam segala kelebihannya juga terdapat kekurangan. Nah berikut ini akan dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan dari speaker pasir, antara lain sebagai berikut :

Kelebihan :

 Lebih ringan dari speaker aktif
 On off dan volume bisa dari ruang operator
 Lebih aman dari hujan dan panas matahari. Cukup menutup speaker dengan plastik
 Jika rusak salah satunya semisal power, maka speaker tetap bisa digunakan
 Dalam setting (pengaturan), membutuhkan cukup satu kabel yaitu kabel speaker yang sekaligus menjadi kabel power.

Kekurangan :

 Memerlukan rak tambahan untuk power
 Tidak ringkas
 Lebih mungkin terjadi penurunan kualitas audio yang dihantarkan dari power ke speaker,
karena jarak kabel dari power ke speaker yang panjang
 Harus pintar dan jeli dalam mencocokkan antara speaker dan power yang dibutuhkan.

Itulah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan speaker pasif. Dari penjelasan tersebut menjadi penambahan wawasan bagi kita. Semoga bermanfaat.

Kategori: Guides

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Halo Alqov Multimedia, saya mau sewa lcd proyektor untuk hari dan jam