Dalam berbagai event, tentu mengabadikan moment adalah sesuatu yang sangat wajib untuk dilakukan. Acara akan terasa hambar jika tidak diabadikan dalam frame kamera maupun video. Terlebih acara yang dilakukan adalah sakral (seperti pernikahan). Selain itu, tentu kita juga ingin membagikan kenangan tersebut kepada seluruh tamu undangan yang hadir bukan?Jadi, sangat disayangkan jika momen penting tersebut luput dari dokumentasi.

Untuk mengabadikan momen tersebut tentu kita membutuhkan suatu perangkat atau alat yang dapat mengkoneksikan antara satu perangkat ke perangkat lain. Apalagi kalau bukan kamera dan proyektor. Dengan bantuan alat ini, seluruh tamu undangan dapat ikut serta menyaksikan proses demi proses acara secara lebih jelas dan menakjubkan. Bukan hanya untuk kejelasan semata, keberadaan alat ini juga dapat menambah value atau nilai estetika yang mana acara akan tampak lebih ramai dan elegan.

Bukan hanya acara pernikahan saja, namun segala bentuk acara lainnya juga dapat menggunakan kamera sebagai alat pengabadian momen berharga sebagai bentuk arsip dokumentasi yang memories dan dapat dibagikan oleh banyak orang (berupa file). Misal saja acara family gathering, konser musik, pengajian, syawalan, dan lain sebagainya. Dapatkah anda membuatnya lebih hidup lagi lebih dari ini? Berikut ini penjelasannya untuk anda.

Kamera & LCD Proyektor

Bukan hanya TV dan komputer saja yang dapat disambungkan dengan LCD proyektor. Kamera dan handycam pun juga bisa. Untuk anda para EO(Event Organizer) maupun WO (Wedding Organizer), tentu alat ini sangat dibutuhkan dalam pagelaran acara anda. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk kebutuhan dokumentasi itu?

Ada beberapa komponen alat yang diperlukan guna menghubungkan perangkat kamera dengan perangkat LCD proyektor. Alat-alat tersebut antara lain :

  • Kamera Video (handycam)
  • LCD Proyektor
  • Screen (Layar Proyektor)
  • Kabel dari kamera ke RCA
  • Kabel terminal listrik 
  • Kabel RCA pendek (1 meter)
  • Kabel RCA panjang (20 meter)
  • Video Splitter 

Perlengkapan yang diperlukan tentu tidak jauh-jauh dari kabel dan splitter. Selebihnya tentu LCD proyektor dan screen yang wajib untuk dipersiapkan. Kita dapat menggunakan proyektor apa saja tergantung dari kebutuhan acara. Jika acara yang diadakan tergolong besar, maka kita dapat menggunakan proyektor dengan tingkat kecerahan yang tinggi : bisa 5000 Ansi Lumens, 10000 Ansi Lumens, atau bahkan diatasnya. Otomatis, screen yang harus kita gunakan adalah screen besar (Giant Screen) baik ukuran : 3×2 meter, 4×3 meter, atau bahkan 6×4 meter.

Kenali jenis dan kebutuhan acara anda dengan baik, sehingga anda dapat menentukan komponen apa saja yang harus anda persiapkan. Setelah anda merinci alat-alat tersebut, jangan lupa untuk memastikan bahwa tidak ada trouble dari alat-alat itu. Jangan sampai, saat acara akan segera dimulai tiba-tiba alat yang digunakan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Hal yang Perlu Anda Perhatikan

Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat hendak memasang atau menghubungkan kamera video pada LCD proyektor:

  • Pastikan bahwa anda meletakkan screen ditempat yang sesuai dan strategis. Hindari penempatan screen yang dapat mengganggu atau menghalangi proses dari acara yang berlangsung. Sesuaikan jarak layar dengan audiens agar tampilan dapat ditampilkan secara sempurna.
  • Pastikan proyektor yang anda gunakan memiliki input yang mendukung untuk pemasangan kamera video. 
  • Perhatikan terminal listrik di area acara. Terminal listrik ini digunakan untuk menghubungkan perangkat apabila sumber listrik utama berada jauh dari perangkat. 

Cara Menghubungkan Kamera Video / Handycam pada Proyektor

  • Jika anda sudah memastikan layar dan proyektor terpasang sempurna, hubungkan proyektor dengan kabel RCA. Masukkan kabel pada input berwarna kuning jika anda ingin menampilkan video shooting. 
  • Pasang kamera video atau handycam pada posisi yang tetap dengan tripod. Oleh karenanya, diperlukan kabel RCA panjang (20 meter) agar tetap dapat menghubungkan proyektor meski jarak antara pembicara dan objek yang di shoot berjauhan.
  • Gunakan video splitter jika anda ingin menghubungkan ke beberapa layar dan proyektor. 
Komponen Alat 

Seperti yang telah diuraikan diatas, ada beberapa komponen alat yang diperlukan dalam proses pemasangan kamera video pada proyektor. Mungkin bagi anda yang tergolong awam belum mengetahui secara detail perihal nama-nama beserta fungsi dari alat tersebut. Berikut ini penjelasan nya untuk anda:

Kamera Video atau Handycam

Handycam merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk merekam atau me-record suatu gambar maupun video (visual & audio). Tentu alat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat khususnya bagi penyelenggara event-event. Fungsi dari kamera video tidak jauh berbeda dengan kamera-kamera lainnya seperti kamera DSLR. 

LCD Proyektor

Proyektor merupakan suatu alat yang digunakan untuk menampilkan hasil proyeksi berupa gambar maupun video dalam sebuah layar lebar. Proyektor memiliki sumber cahaya yang disebut dengan tingkat kecerahan atau lumens. 

Screen 

Screen merupakan suatu alat yang digunakan untuk menangkap hasil proyeksi dari LCD proyektor. Screen atau layar memiliki beberapa tipe: tripod dan fast folding

Kabel RCA

RCA atau singkatan dari (Radio Corporation of America) adalah salah satu jenis kabel yang memiliki fungsi untuk menghubungkan peralatan audio dan visual pada peralatan elektronik. Kabel ini merupakan sebuah kabel konvensional yang digunakan untuk mengirim sinyal analog dari peralatan audio atau video ke peralatan lainnya. Kabel ini dapat dihubungkan pada PC atau komputer dengan menggunakan video capture card. RCA memiliki 3 komponen warna : merah, putih, dan kuning. Kabel RCA biasanya memiliki panjang 1 meter (RCA pendek) dan 20 meter (RCA panjang).

Video Splitter

Alat yang selanjutnya adalah video splitter. Video splitter merupakan suatu alat yang digunakan untuk membagi tampilan gambar atau video dari suatu device menjadi 2 tampilan. Biasanya ini digunakan dalam event-event maupun acara meeting. Video splitter dapat digunakan saat kita hendak menampilkan gambar atau video lebih dari 1 perangkat atau device (screen) dengan bantuan LCD proyektor. 

Jika anda meletakkan screen di pojok kiri dan kanan ruangan, maka anda dapat menggunakan alat ini untuk menghubungkan gambar atau video yang sama pada 2 device yang berbeda. Hasilnya, peserta atau audiens dapat melihat tampilan dari 2 sisi.  Bukan hanya 2 device saja, perangkat yang disambungkan bisa lebih dari 2 device, tergantung dari kebutuhan pemakaiannya. 

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari uraian diatas : dalam menghubungkan kamera video pada LCD proyektor, kita perlu memperhatikan hal-hal penting seperti apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Pastikan peralatan yang akan digunakan dalam keadaan baik dan tanpa trouble
Sekian informasi yang kami sampaikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadi tambahan pengetahuan bagi kita semua. Jangan lupa untuk mengunjungi akun websites resmi kita untuk mengetahui informasi-informasi ter-up to date seputar teknologi dan LCD proyektor.

Open chat
1
Halo Alqov Multimedia, saya mau sewa lcd proyektor untuk hari dan jam
Powered by