Penggunaan proyektor di zaman yang modern seperti sekarang ini sudah semakin beragam. Proyektor bukan hanya digunakan untuk kebutuhan perkantoran saja, tetapi juga digunakan untuk kebutuhan hiburan.  Salah satu kebutuhan hiburan yang sangat populer adalah home Cinema atau home theater.  seperti yang kita tahu bahwa home theater atau home Cinema merupakan suatu hiburan menonton film dengan kreasi kreatif rumah tangga.  Dengan berbekal peralatan seadanya, kita sudah dapat menikmati film favorit kita bersama rekan dan keluarga. Dengan begitu kita dapat menghemat uang dan juga waktu di mana kita tidak akan berdesak-desakan di Jalan Raya ataupun mengantri tiket pembelian. 

 Keuntungan lain yang didapatkan dari pengalaman home theater ini adalah quality time bersama keluarga yang sulit didapatkan di hari-hari kerja.  Dengan memanfaatkan waktu liburan,  kita dapat berkumpul dan menikmati waktu bersama dengan sebaik-baiknya. Perbedaan antara komputer dan nobar adalah terletak pada estetika dan juga  kapasitas yang tersedia. Untuk aktivitas nobar,  kita memberikan kesempatan kepada banyak orang untuk berpartisipasi dalam kemeriahan menonton film. Sedangkan untuk home theater, biasanya kapasitas lebih terbatas yakni lingkup lingkup terdekat saja misal keluarga,  sahabat,  atau bahkan pasangan.

 Keseruan menonton film di dalam rumah  tentu memberikan pengalaman yang tak terlupakan.  Oleh karena itu perlu adanya kreativitas dan tangan-tangan inovatif untuk menciptakan ruang home theater terbaik di rumah anda.  Salah satu perangkat atau media elektronik yang wajib digunakan untuk kebutuhan  home theater ini adalah proyektor beserta layar.   Tentu alat ini sudah bukan hal asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Permasalahannya adalah proyektor seperti apa yang paling cocok digunakan untuk kebutuhan home theater?  dan apa yang harus kita perhatikan dalam membangun home theater di rumah kita ? 

Keseruan  home theater sebagai penghubung ikatan keluarga

Anak-anak tentu sangat menyukai film-film kartun dan animasi.  Oleh karena itu, untuk  memberikan pengalaman menakjubkan kepada mereka dalam menonton film,  kita perlu menghadirkan menonton mengasyikkan di rumah.  Salah satu yang dapat kita lakukan adalah dengan mendesain ruangan keluarga kita menjadi bioskop mini dengan ornamen yang sesuai dengan kepribadian serta keinginan pemiliknya.

 Agar anak-anak merasa nyaman,  kita dapat mendesain ruangan  keluarga menjadi home theater dengan ornamen kartun dan animasi yang lucu.  Dengan begitu,  anak-anak akan betah berada di rumah dan dapat menghabiskan waktu liburan bersama orang tuanya . Selain itu,  kita dapat menjadikan home theater ini sebagai kelas pembelajaran positif kepada anak-anak kita.  Salah satunya dengan menayangkan film-film atau acara yang mendidik seperti pembelajaran berhitung atau dongeng legenda.  Sehingga, anak akan lebih tertarik untuk belajar karena situasi yang tidak membosankan.

 Dan ketika anak kita berulang tahun,  kita dapat memberikan kejutan dengan menampilkan video perjalanan tumbuh kembangnya dari waktu ke waktu.  Hal ini dapat menjadi waktu terbaik untuk mengenang masa-masa indah bersama orang tercinta.  Penggunaan home theater tidak hanya terbatas pada Pemutaran film atau Cinema saja.  Melainkan juga menjadi sarana edukatif dan Documentary.

Berikan sentuhan menawan pada dekorasi ruangan anda

 Seperti yang telah dijelaskan di atas,  bahwa perlu adanya kekreatifitasan terhadap pembentukan  home theater menarik di rumah kita. menarik bukan berarti harus mengeluarkan budget yang mahal. Tetapi bagaimana kita dapat merubah ruangan yang sederhana dengan peralatan yang seadanya menjadi ruangannya paling nyaman.  Itulah letak kreatif yang sesungguhnya.

 Untuk menentukan  warna dasar ruangan anda,  langkah pertama adalah dengan menentukan tema apa yang akan anda gunakan.  Untuk nuansa romantis,  anda dapat menggunakan warna cerah seperti merah muda,  violet, atau bahkan peach. untuk menambah kesan romantis Anda dapat menambahkan beberapa ornamen atau hiasan seperti bunga-bunga atau simbol cinta.

 Sedangkan untuk nuansa ceria,  anda dapat menggunakan warna kuning dengan hiasan eksentrik seperti  hiasan pesta dan pita-pita yang menjulang.  Anda juga dapat menggunakan lighting berkedip untuk lebih menekankan kesan bahagia.  Dan jika anda menginginkan ruangan yang dapat memberikan ketenangan jiwa,  maka anda dapat menggunakan warna-warna muda seperti hijau,  biru laut atau biru langit dengan hiasan flora atau background air ataupun langit-langit. Anda juga dapat menggunakan warna orange menggambarkan waktu senja,  yang mana hal ini dapat memberikan kesan pemandangan indah di sore hari.

 Dalam membangun home theater yang menarik,  cukup menggunakan atribut atau dekorasi  yang sesuai dengan kebutuhan  yang kita inginkan. Misal saja meja kecil untuk meletakkan minuman dan cemilan, lemari kecil untuk menyimpan koleksi film favorit,  lighting yang mendukung tema,  dinding kedap suara, sofa atau tikar bulu dan lain sebagainya. Oleh karena itu, perlu adanya perencanaan sebelum anda memutuskan memulai mendekor ruangan anda menjadi  bioskop pribadi. Dan yang terpenting adalah perangkat proyektor beserta layarnya.  Tak ketinggalan speaker terbaik untuk mendukung performa tampilan film anda. 

 Penempatan posisi proyektor yang strategis

Seperti yang kita tahu,  proyektor dapat ditempatkan pada berbagai posisi sesuai dengan kebutuhan kita dan juga sesuai dengan spesifikasi pada setiap proyektor.  Tentu saja masing-masing dari proyektor tersebut memiliki fitur-fitur yang berbeda antara satu dengan yang lain.  Sehingga perlu adanya sinkronisasi terhadap kebutuhan kita sebelum kita memutuskan untuk membelinya.  Tetapi pada dasarnya, penempatan proyektor pada home theater diletakkan pada dua sisi yakni yang pertama, diletakkan di atas meja atau standing projector dan yang kedua dilakukan dengan cara menggantung.  Tentu saja penempatan proyektor secara menggantung,  akan lebih sulit untuk dipindahkan dan perlu adanya teknik proyeksi terbalik agar gambar yang ditampilkan dapat terlihat simetris dan tidak terbalik. 

Namun kelebihan dari posisi penempatan terbalik ini,  kita tidak memerlukan space  yang banyak untuk penempatan proyektor.  dengan kata lain,  penempatan dengan cara ini sangat menghemat tempat.  Pilihan lainnya adalah  dengan menggunakan proyektor short throw untuk jenis ruangan yang sempit.  Jarak tembak yang cukup dekat membuat proyektor lebih fleksibel dalam kinerjanya.

Untuk penempatan proyektor di atas meja atau pada standing projector,  kita perlu menentukan posisi terbaik sesuai dengan kapasitas ruangan yang tersedia.  Jika ruangan tersebut cukup luas,  kita dapat menempatkan proyektor pada sisi depan sebelah kiri atau kanan yang mana tidak menghalangi sudut pandang kita ke layar.  Pilihan lainnya adalah dengan menempatkan proyektor pada salah satu sudut posisi belakang ruangan.  Tetapi, yang paling strategis dan baik untuk dilakukan adalah pilihan yang pertama, dengan catatan penempatan proyektor tersebut tidak menghalangi kita dalam menikmati film dan area gerak kita.

Penempatan proyektor yang lebih fenomenal lagi adalah dengan meletakkannya pada atap ruangan.  Dengan memberikan sedikit ruang di atap rumah kita khususnya pada ruangan  home theater, kita dapat menempatkan proyektor tanpa terlihat.  Hal ini akan sangat membantu meminimalisir penggunaan ruang dan tidak membatasi ruang gerak kita. 

Kembali lagi pada pokok pertama, kenali terlebih dahulu apa yang benar-benar anda butuhkan kemudian sinkronisasikan.  Maka anda akan mendapatkan hasil yang sangat maksimal dan menjauhkan anda dari kekecewaan.  Jika anda menginginkan hasil yang lebih maksimal anda dapat menyewa designer atau orang yang ahli di bidangnya dalam perihal tata ruang.  Tapi hal ini tentu akan menambah biaya yang tidak sedikit.  Jadi,  di bijaklah dalam menentukan keputusan anda. 

Multimedia pendukung home theater

 Berikut ini beberapa rincian daftar multimedia pendukung dalam keberhasilan mengkreasi home theater di rumah anda :

  •  Proyektor

Ada beberapa pilihan proyektor yang cocok digunakan untuk  home theater. Namun  yang paling banyak digunakan adalah proyektor dengan tipe DLP.  Misalnya, proyektor Infocus,  BenQ, Optoma, dan lain sebagainya. Dan dari beberapa proyektor tersebut,  ada jenis proyektor yang multifungsi yakni dapat digunakan untuk menonton film dan juga bermain game secara bersamaan. Untuk memilih proyektor mana yang terbaik,   sesuaikan dengan budget anda dan kebutuhan anda.

  •  Screen atau layar

Jika kita menggunakan teknologi proyektor,  tentu kita juga harus menggunakan media pasangannya  yakni berupa  screen atau layar. Screen berwarna putih ini memiliki beberapa ukuran dan juga tipe.  Tetapi, khusus untuk home theater biasanya  menggunakan screen jenis folding. Dengan ukuran yang dapat dipilih sesuai kebutuhan  diantaranya nya 3×2 meter, 4×3 meter, atau 6×4 meter.  Pilihlah ukuran screen sesuai dengan lebar ruangan home theater anda.

  •  Speaker

multimedia yang sangat berpengaruh terhadap bagus tidaknya dan nyaman tidaknya suatu ruangan home theater adalah speaker.  Tanpa adanya speaker,  suara tidak akan terdengar dengan jelas. tentu saja hal ini akan sangat mengurangi kenyamanan dalam menonton film anda.  Speaker di pasaran memiliki banyak sekali tipe,  maka pilihlah speaker dengan kualitas suara terbaik dengan merk ternama yang sudah memiliki kredibilitas. Misal speaker Polytron, Logitech, atau Sonicgear.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Halo Alqov Multimedia, saya mau sewa lcd proyektor untuk hari dan jam